Mengenal Jenis Chassis Mobil sebagai Kerangka Penopang Kendaraan yang Kerap Digunakan

0
 

Bagi Anda para pecinta otomotif, istilah sasis (dalam bahasa inggris adalah chassis) sudah sangat sering terdengar. Sasis atau yang sering disebut dengan kerangka mobil memiliki fungsi utama sebagai penopang kendaraan, mesin, serta penumpang. Sasis biasanya terbuat dari kerangka besi atau baja.

Di Indonesia pada umumnya mobil-mobil yang diproduksi menggunakan sasis monokok (monocoque chassis). Artinya kerangka mobil menjadi satu dengan bodi mobil sehingga bodi mobil juga berfungsi sebagai kerangka.

Kekuatan utama sasis monokok terdapat di lembaran-lembaran baja atau komposit yang disatukan. Model sasis monokok biasanya berbobot ringan sehingga membuat konsumsi BBM dapat dikurangi dan bantingan mobil menjadi lebih lembut.

Selain sasis monokok, masih ada jenis sasis lainnya yang penting untuk diketahui para pecinta otomotif. Berikut ulasannya, khusus untuk Anda.

  1. Ladder Frame Chassis

 Mengenal Jenis Chassis Mobil

 img src: http://otomotif.metrotvnews.com

Bentuk sasis yang mirip tangga ini merupakan sasis yang paling tua dalam sejarah dunia otomotif. Ladder chassis banyak digunakan untuk kendaraan yang memiliki beban berat (heavy duty) contohnya adalah bus, truk, dan kendaraan pengangkut.

Bahan sasis ladder terbuat dari material yang sangat kuat seperti baja simetris atau model balik yang diperkuat dengan crosmembers.

Karena materialnya berat, otomatis sasis ini sendiri memiliki frame yang berat sehingga tidak cocok untuk diaplikasikan ke mobil penumpang.

Uniknya, sasis ladder yang diproduksi pertama kali bukan menggunakan bahan yang kuat seperti besi. Sasis ladder pertama kali dibuat menggunakan bahan kayu. Di Amerika, sasis ladder masih kerap digunakan karena mereka dulunya berpikir bahwa sasis ini akan lebih mudah dilakukan facelift (penggantian desain) tanpa harus mengubah sasis.

Keuntungan menggunakan sasis ladder adalah mudah untuk didesain dan dimodifikasi, lebih cocok untuk kendaraan berat, serta mudah untuk dilakukan reparasi. Sisi minusnya menggunakan ladder chassis adalah karena materialnya berat, kinerja rangka menjadi lebih rendah daripada sasis jenis lain dan akan lebih boros bahan bakar.

  1. Monocoque Chassis

Mengenal Jenis Chassis Mobil 2img src: http://www.mobilinanews.com

Melanjutkan dari penjelasan di atas, sasis monokok umum digunakan pada mobil penumpang. Monokok pertama kali dipublikasikan pada tahun 1923 oleh mobil Lancia Lambda. Kemudian perlahan sasis monokok sudah tidak menggunakan sasis batang lagi melainkan menggabungkan setiap komponen bodi mobil yang dapat menopang mesin dan segala komponen penyusun mobil.

Alasan mengapa sasis monokok banyak digunakan pada kendaraan ringan serta mobil penumpang adalah untuk keefisienan proses produksi karena tidak membutuhkan bodi lagi. Keunggulan sasis yang digabung dengan bodi mobil adalah ketika kendaraan melewati jalanan yang tidak stabil, maka ruang kabin akan menjadi lebih aman disebabkan gaya benturan akan langsung disalurkan ke bodi. Lain halnya dengan sasis jenis lain yang jika mengalami benturan, maka akan ada bagian bodi yang juga terkena benturan.

Kelemahan sasis monokok adalah bila terjadi tabrakan akan mengalami kesulitan perbaikan karena sasis menyatu dengan bodi. Jika ingin melakukan facelift, maka harus mengubah bentuk rangka dan dirombak besar-besaran.

 

  1. Tubular Space Frame Chassis

Mengenal Jenis Chassis Mobil 3

img src: pinterest.com

Sasis jenis ini didesain menggunakan campuran dari jenis besi balok atau jenis besi pipa yang kemudian dirakit. Indikatornya, sasis jenis ini memiliki bentuk mirip dengan konstruksi kendaraan. Contohnya ada pada mobil balap. Hampir semua mobil balap menggunakan sasis tipe ini. Keunggulannya, sasis jenis ini sangat mudah untuk didesain dan dilakukan penambahan komponen. Kesulitannya, struktur sasis ini mengharuskan untuk semua komponen yang tersusun sudah tersambung dengan baik dan ter triangulasi (tersusun dari sambungan model segitiga).

  1. Alumunium Space Frame Chassis

Mengenal Jenis Chassis Mobil 4

img src: http://driving.ca

Pertama kali diperkenalkan oleh Audi bersama dengan perusahaan pembuat alumunium Alcoa. Sasis alumunium diklaim sebagai pengganti dari sasis monokok yang biasa digunakan untuk mobil penumpang. Keunggulan utamanya adalah memiliki bobot yang lebih ringan 40% dari sasis yang bentuknya sama persis dengan material non alumunium. Walaupun sasis ini terbuat dari alumunium, namun kerangkanya lebih rigid 40% dari tipe sasis lainnya.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Suka

     (0%)
  • Lucu

     (0%)
  • Terinspirasi

     (0%)
  • Bangga

     (0%)
  • Terkejut

     (0%)
  • Sedih

     (0%)
  • Takut

     (0%)
  • Marah

     (0%)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here