Inilah 5 Motor Jadul Dan Antik Yang Layak Untuk Dijadikan Koleksi

0
 

Dengan semakin majunya zaman, beberapa motor terbaru dengan teknologi termutakhir semakin banyak bermunculan. Ketika beberapa kendaraan roda dua terbaru ini bermunculan, maka secara otomatis produk motor yang lama pun akan semakin ditinggalkan. Meski terbilang jadul atau kuno, namun motor-motor yang sudah lama ada ini tidak lantas hilang begitu saja. Sebab ada beberapa kelompok atau komunitas yang melesatarikannya dengan tetap memakai bahkan mengkoleksinya. Seperti halnya barang-barang kuno yang bernilai antik lainnya, motor jadul juga bisa menjadi bernilai dan berdaya jual tinggi. Meskipun bisa jadi sudah turun mesin, tapi nilai keantikan motor jadul ini tak bisa diremehkan. Nah bagi Anda yang memang ingin punya atau mengkoleksi motor jadul yang antik bisa melihat beberapa referensinya berikut ini.

1. Honda C70

https://www.jualmotorbekas.com

Pertama, referensi motor jadul yang antik dan menarik untuk dimiliki adalah Honda C70. Honda C70 yang merupakan motor produksi Honda tahun 1980-an sampai awal tahun 1990-an ini memang punya daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melihatnya. Dengan bodi yang ramping dan desain simpel menjadikan motor ini sangat tepat untuk dikoleksi dan dimiliki. Motor yang memang sangat melegenda ini sendiri punya beberapa penyebutan dimasing-masing daerah. Seperti di Surabaya yang disebut Honda kuntul. Semantara itu di Semarang motor ini disebut dengan Honda pitung jinah. Sedangkan di Jakarta motor ini disebut dengan Si Pitung dan di Aceh disebut Honda Manado. Untuk membeli motor ini Anda memang harus berusaha keras mencarinya di beberapa tempat penjualan atau di komunitas yang menjualnya. Untuk harganya, Honda C70 ini biasanya punya harga jual berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 3 juta.

2. Honda CB

wikimedia.org

Berikutnya, referensi motor jadul produksi Honda yang juga menarik untuk dimiliki adalah Honda CB. Motor yang populer ditahun 1970-an dan tahun 1980-an ini memang punya nilai dan riwayat sendiri di Indonesia. Dengan nilai historis dan klasiknya motor ini tak ayal bila kemudian harga motor Honda CB ini bisa mencapai angka Rp 10 juta (untuk motor yang terawat). Sementara itu untuk Honda CB yang tidak terawat harganya antara Rp 2-5 juta. Honda CB yang menjadi favorit masyarakat di Indonesia ada dua tipe dari empat tipe varian yakni Honda CB seri CB100 dan CB125. Beberapa seri lain dari Honda CB adalah CB175 dan juga CB200.

3. Kawasaki Binter Merzy

http://bintermerzy.blogspot.co.id

Motor Produksi Kawasaki juga punya legenda motor jadul yang juga menarik untuk dimiliki. Motor tersebut adalah Kawasaki Binter Merzy. Motor yang juga disebut KZ200 ini punya hal menarik yang bisa membuat orang kepincut memilikinya yaitu diimpor langsung dari jepang dalam keadaan utuh Completely Built Up (CBU). Binter yang punya akronim Bintang Terang ini hadir di tahun 1980-an dan memiliki mesin 200 cc. Motor ini dihadirkan oleh PT Bintang Terang saat itu untuk menyaingi penjualan Honda CB200. Karena punya riwayat yang cukup lama maka motor ini pun terbilang antik dan layak untuk dimiliki atau dikoleksi. Harga untuk Kawasaki Binter Merzy ini bahkan bisa mencapai angka Rp 14 juta bila mesinnya masih bagus dan terawat.

4. Norton ES2

https://www.hemmings.com

Norton ES2 adalah motor pabrikan Birmingham, Inggris yang muncul tahun 1950-an. Motor klasik ini memang bukan motor sembarangan. Sebab motor ini pada zamannya dikenal sebagai motor mahal dan berkesan mewah serta glamour. Beberapa motor Norton ES2 ini sendiri ada yang juga digunakan untuk keperluan pemerintahan dan militer. Dengan statusnya sebagai motor mewah ini tak ayal bila harga jualnya saat ini bisa menembus angka Rp 58 juta. Motor dengan mesin 500 CC dan memiliki suara mirip helikopter ini tentu akan tepat bila Anda miliki dan juga Anda jadikan koleksi.

5. Suzuki A 100

http://www.motorencyclopedie.nl

Terakhir, referensi motor jadul yang menarik untuk Anda miliki adalah Suzuki A 100. Motor yang muncul dan populer di tahun 1973 ini punya keunikan yaitu desainnya yang unik dan juga irit bahan bakar. Motor yang dulu sering dipakai oleh petugas pengantar surat dan polisi ini bisa Anda miliki dengan range harga Rp 2-3 jutaan. Motor yang juga punya sebutan FR70 ini tentu akan bisa menjadi motor jadul yang menarik untuk Anda miliki ataupun Anda koleksi.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Suka

     (50%)
  • Lucu

     (0%)
  • Terinspirasi

     (25%)
  • Bangga

     (0%)
  • Terkejut

     (25%)
  • Sedih

     (0%)
  • Takut

     (0%)
  • Marah

     (0%)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here