Cara Ampuh Membuat Tampilan Mobil Selalu Terlihat Seperti Baru

0
 

http://www.henleyautocare.co.uk

Banyak yang bilang terawat dan tidak terawatnya mobil akan mencerminkan sifat pemiliknya. Apalagi kalau merujuk pada bagian exterior yang merupakan sisi paling mencolok dan nampak dari sebuah mobil. Eksterior mobil memang bagian yang pertama kali terlihat orang lain saat melihat mobil. Padangan pertama pada bagain eksterior mobil ini pun pastinya akan langsung menciptakan kesan atau citra terhadap kendaraan roda empat tersebut. Jadi bagian eksterior mobil adalah hal yang memang sangat penting dan patut diperhatikan oleh setiap pemiliknya. Agar bisa memberikan kesan dan citra yang baik pada mobil, maka mau tak mau Anda harus melakukan perawatan yang baik pada bagian eksterior ini. Meskipun sudah banyak yang mengetahui pentingnya perawatan bagian eksterior mobil, kenyataannya tidak banyak orang yang paham betul bagaimana merawat bagian eksterior ini dengan baik dan benar. Untuk membuat tampilan mobil selalu terlihat seperti baru, ada 3 cara ampuh yang harus dilakukan pemilik mobil, yaitu:

 1. Perawatan Cat Mobil

Cat mobil adalah bagian dari eksterior mobil yang paling nampak dan terlihat dari bagian-bagian lainnya. Maka dari itu perawatan terhadap cat mobil ini adalah sesuatu yang mutlak dan sangat penting untuk dilakukan. Cara paling umum yang dilakukan seseorang untuk merawat cat mobil adalah membersihkannya dari debu dengan lap atau mencucinya secara rutin. Sayangnya ada beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan seseorang dalam kegiatan membersihkan cat mobil ini.

  • Kesalahan pertama adalah mencucinya dibawah terik sinar matahari. Kebiasaan mencuci mobil dibawah terik matahari ini memang tidak baik karena bisa membuat rusak cat mobil Anda.
  • Kesalahan kedua yang biasa dilakukan seseorang adalah mencucinya dengan menggunakan detergen. Detergen memang sangat tidak cocok digunakan mencuci mobil karena mengandung bahan yang bisa merusak cat mobil.

Untuk membuat cat mobil tahan lama dan tetap kinclong maka lakukan hal sebagai berikut:

  • Gunakan sabun atau shampoo khusus untuk mobil ketika mencucinya. Shampoo mobil biasanya mengandung silicone dan zat tertentu yang berguna untuk melindungi cat mobil dan membuat mobil tetap kinclong.
  • Gunakan juga lap pembersih yang lembut seperti kanebo agar tidak merusak cat mobil. Jangan gunakan lap yang kasar karena akan membuat mobil baret baret halus.
  • Terakhir, usahakan untuk langsung mencuci mobil setelah mobil kehujanan. Hal ini dikarenakan banyak kandungan seperti oksigen terlarut, polutan (bahan polusi/pencemaran) dan garam yang bisa membuat karat pada cat mobil bila tidak segera mencucinya.

2. Perawatan Roda/ban

Bagian eksterior lain dari sebuah mobil yang perlu untuk diperhatikan dan dirawat adalah roda/ban. Ban memang merupakan bagian mobil yang sangat rentan kotor karena sering bersentuhan dengan tanah. Maka dari itu sangat wajar bila kemudian bagian roda/ban ini harus diperhatikan dan dibersihkan setiap hari. Apalagi setelah mobil melewati daerah yang sangat kotor seperti berlumpur, maka hal ini akan membuat ban semakin kotor dan harus dibersihkan. Ada dua bagian dalam perawatan roda , yaitu ban dan velg.

  • Anda bisa membersihkan bagian ban dengan membilasnya dengan air dan sabun serta menyikatnya dengan sikat halus agar kotoran yang menempel benar-benar hilang. Bila Anda ingin ban terlihat baru Anda bisa mengkilapkannya dengan penghitam dan pengkilat ban ¬†yang kini banyak disediakan di pasaran. Pengkilap ban juga memiliki kandungan silicon yang berguna untuk menjaga ban tetap mengkilap dan awet. Jangan lupa juga periksa tekanan ban, pastikan ban tidak mengalami kurang tekanan.
  • Untuk bagian velg, Anda bisa melakukan perawatan dengan cara membilas dan mencucinya secara rutin. Bila velg tampak kusam, Anda bisa menggunakan cairan pengkilap velg yang ada di pasaran seperti brasso atau autosol. Setelah Anda menggunakan cairan tersebut maka velg Anda akan terlihat kinclong seperti baru.

3. Perawatan Kaca

Terakhir, bagian eksterior mobil yang perlu diperhatikan dan dirawat dengan seksama adalah bagian kaca. Kaca pada mobil bagian luar ini terdiri dari dua yaitu kaca utama dan kaca spion. Perawatan pada kaca ini memang sangat penting karena fungsi kaca yang akan memastikan Anda bisa melihat jalan dengan baik ketika mengemudi. Pun dengan kaca spion. Meskipun kecil tapi keberadaanya sangat urgent untuk melihat kondisi belakang mobil ketika Anda akan berbelok atau akan berputar arah. Untuk melakukan perawatan pada bagian kaca ini terbilang cukup mudah. Langkah pertama Anda bisa melakukan kegiatan cleaning (bersih-bersih) pada kaca dari debu atau kabut atau bekas hujan. Agar terlihat lebih kiclong, Anda bisa menggunakan pembersih khusus kaca mobil untuk membersihkannya. Untuk bagian kaca depan mobil, Anda juga bisa melakukan perawatan dengan cara mencucinya dengan shampoo atau sabun khusus mobil. Setelah di cuci, keringkan kaca mobil dengan lap yang lembut hingga benar-benar bersih dan kinclong.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Suka

     (0%)
  • Lucu

     (0%)
  • Terinspirasi

     (100%)
  • Bangga

     (0%)
  • Terkejut

     (0%)
  • Sedih

     (0%)
  • Takut

     (0%)
  • Marah

     (0%)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here