Waspada! Maling Motor Berkeliaran, 5 Kunci Ini Bisa Menjadi Pengaman yang Efektif

0
 

Kerap sekali diberitakan di media tentang aksi para maling motor yang meresahkan masyarakat. Para pencuri motor ini tidak beraksi sendirian dan kerap bekerjasama dengan oknum lain. Aksi kriminal ini seakan tidak pernah putus karena memiliki sindikat khusus. Biasanya yang tertangkap hanya pelaku aksi kejahatannya saja, namun rantai kejahatan ini belum berakhir karena masih menyisakan gembong atau otak dibalik kejahatan pencurian motor.

Tentu kejadian ini tidak ingin dialami oleh para pengguna motor. Walaupun sudah dipasangi pengaman, namun maling tetap saja memiliki cara tersendiri untuk dapat membobol kunci pengaman. Bahkan pengaman bawaan motor berupa secure key shutter dirasa sudah tidak secure lagi karena maling dapat membobol menggunakan kunci duplikat khusus yang dipasangi pin sesuai dengan posisi dan arah kutub magnet. Secure key shutter juga dapat diakali dengan menggunakan air atau cairan khusus pelarut logam ferit cloride (FeCl3) yang kerap disebut cairan setan.

img src: https://www.hondacengkareng.com/mengenal-fungsi-secure-key-shutter-sks-pada-motor-honda/

Rasanya sangat lazim jika harus sedikit merogoh kocek demi keamanan motor. Daripada kehilangan motor, lebih baik menganggarkan sedikit biaya untuk memberi keamanan ganda. Untuk itu, kami sajikan secara khusus beberapa pengaman ekstra untuk motor kesayangan Anda:

  • Kunci Gembok Tambahan

Gembok tambahan dapat disematkan pada bagian roda, stang/handle kopling, rantai, maupun roda cakram. Memang pengamanan ini masih dapat diakali dengan mengoleskan cairan tertentu, akan tetapi tentu akan lebih mempersulit pelaku kriminal dalam melakukan kejahatan.

img src: http://forum.motorexpertz.com/Thread-Pasang-Gembok-Tambahan-Bro-Cukup-2-Menit-untuk-Melelehkan-Kunci

img src: http://pertamax7.com/2013/05/30/pasang-gembok-di-cakram-depan-jangan-sampai-kelupaan-sebelum-motor-dipakai-kembali/

Baca juga: Orang Bilang Ini Jenis Modifikasi Standar, di 2017 Cara Ini Justru Jadi Tren

  • Kunci Variasi

Biasa disebut dengan kunci ding-dong, kunci ini menggantikan kunci asli yang merupakan bawaan dari motor. Dari segi bentuk yang khusus, tentu maling akan lebih sulit untuk membobol kunci yang berbentuk seperti huruf ‘T’ ini.

img src: http://archive.kaskus.co.id/thread/2425471/1

  • Kunci Rahasia

Kunci ini memanfaatkan aliran listrik yang ada pada motor. Biasanya pemutus arus kelistrikan disembunyikan di bagian dalam motor di dekat tempat menaruh barang sehingga harus membuka jok motor terlebih dahulu jika ingin mengaktifkan kunci rahasia. Kendaraan akan lebih aman dari maling motor karena mesin motor tidak akan menyala walaupun kunci telah dibobol.

img src: http://trendotomotif.com/berbagai-macam-kunci-rahasia-pengaman-motor.html

  • Alarm Motor

Terbukti akan mengagetkan dan membuat maling lari tunggang-langgang. Alarm yang dipasang pada motor akan berbunyi kencang (110-120 desibel) dan akan berhenti setelah waktu sekian detik. Alarm akan terhubung dengan gembok khusus yang kemudian akan berbunyi jika dibuka paksa atau terkena guncangan yang tidak wajar. Variasi dari alarm motor pun sangat beragam, mulai dari yang standar dengan harga yang terjangkau hingga yang mahal dengan menggunakan pin angka serta infra red.

img src: http://aneka-alarm-motor.blogspot.co.id/p/aneka-alarm-motor.html

  • Pelacak GPS

Pengaman jenis ini merupakan yang paling canggih diantara pengaman lainnya yang telah disebutkan. Pelacak GPS memanfaatkan koneksi dengan sistem online untuk mengamankan kendaraan. Jika terdapat indikasi motor telah dicuri, seperti kunci rusak atau motor diguncangkan secara tidak wajar, maka alat yang ditempel khusus pada motor akan mengirimkan notifikasi ke handphone pemilik motor, bisa berupa alarm, sms, atau telepon. Pemilik motor dapat segera melacak keberadaan motor yang dicuri menggunakan website penyedia GPS sehingga pemilik dapat segera mengambil kembali motor yang telah dicuri.

Alat-alat diatas dapat digunakan sebagai pengaman tambahan selain pengaman bawaan security key shutter. Akan tetapi, keamanan motor merupakan tanggung jawab pribadi sehingga harus tetap waspada dalam memarkir kendaraan, dan tidak mengandalkan alat pengaman semata. Kesalahan yang sepele namun fatal, seperti lupa mencopot kunci pada kontak motor merupakan perilaku yang harus diwaspadai agar tidak terjadi hal-hal yang buruk.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Suka

     (23%)
  • Lucu

     (8%)
  • Terinspirasi

     (15%)
  • Bangga

     (8%)
  • Terkejut

     (8%)
  • Sedih

     (15%)
  • Takut

     (8%)
  • Marah

     (15%)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here