Sulap Mobil Manual Anda Menjadi Matic! Begini Cara Modifikasi Transmisi Mobil Demi Kenyamanan Berkendara

0
 

Sulap Mobil Manual Anda Menjadi Matic 1

img src: http://www.viarohidinthea.com

Tak dapat dipungkiri, mobil dengan transimisi matic semakin diminati. Dilihat dari data peningkatan penjualan mobil matic, mobil ini semakin digemari karena lebih praktis. Hampir semua merek mobil pasti mengeluarkan seri transmisi otomatis.

Terutama bagi masyarakat yang tinggal di kota besar yang sering mengalami macet, mengendarai mobil matic akan terasa sangat nyaman.

Bayangkan saja jika kecepatan mobil yang hanya maju sedikit demi sedikit di tengah macetnya jalan, kaki kiri harus main kopling, tangan kiri pindah persneling, kaki kanan injak gas secara berulang-ulang hingga menanti kemacetan yang tak kunjung usai, ini tentu akan sangat melelahkan.

Namun, bagaimana jika Anda sudah terlanjur memiliki mobil dengan transmisi manual? Tidak usah kawatir. Anda tidak perlu membeli mobil matic baru hanya karena masalah ini.

Solusinya adalah dengan cara modifikasi transmisi mobil. Anda dapat mengganti transmisi dari manual ke matic. Keuntungannya adalah, tentu mengendarai mobil akan merasa lebih nyaman karena tidak akan “selelah” jika menggunakan mobil dengan transmisi manual.

Sulap Mobil Manual Anda Menjadi Matic 2

img src: http://www.astra-toyota.com

Di lain pihak, sisi negatifnya adalah, karena transmisi matic bukan berasal dari pabrikan, penggantiannya tidak bisa dilakukan secara maksimal karena rasa getar pada mesin akan tetap terjadi.

Namun, cara modifikasi transmisi mobil ini akan tetap digunakan karena memang ada segmen konsumen yang ingin mengganti mobilnya dengan transmisi otomatis.

Cara modifikasi transmisi mobil ini juga akan menjadi kendala bagi Anda yang sudah terbiasa dengan kecepatan akselerasi saat menggunakan transmisi manual.

Jika memang Anda menginginkan transmisi otomatis namun akselerasinya secepat yang manual, maka akan banyak mesin yang harus diupgrade dan berimbas pada membengkaknya biaya modifikasi.

Sulap Mobil Manual Anda Menjadi Matic 3

img src: http://www.tribunnews.com

Alternatif yang lain selain menggunakan cara modifikasi transmisi mobil dari manual ke matic adalah dengan menggunakan produk transmisi aftermarket. Produk ini lebih mengutamakan kenyamanan dan tidak mengurangi akselerasi kecepatan.

Sistem kerja produk aftermarket adalah dengan memindah fungsi dari kopling secara elektrik. Akan tetapi, cara kerja transmisinya masih tetap manual.

Keuntungan menggunakan produk aftermarket adalah jika Anda masuk ke gigi satu dan pedal gas tidak ditekan, maka mesin mobil akan tetap menyala. Anda juga dapat mencari produk jenis autoclutch untuk dapat menikmati rasa nyaman saat mengendarai mobil matic tanpa harus membeli mobil matic baru.

Sebagai gambaran, cara modifikasi transmisi mobil dari manual ke matic membutuhkan biaya mulai dari Rp 17 juta.

Jadi, jika Anda memang menginginkan untuk modifikasi transmisi mobil, maka harus merogoh kocek cukup dalam demi kenyamanan dan bebas dari rasa lelahnya berkendara.

 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Suka

     (19%)
  • Lucu

     (19%)
  • Terinspirasi

     (13%)
  • Bangga

     (6%)
  • Terkejut

     (13%)
  • Sedih

     (19%)
  • Takut

     (0%)
  • Marah

     (13%)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here