4 Tips Jitu Menghilangkan Karat pada Velg Motor dengan Cepat!

0
 

4 Tips Jitu Menghilangkan Karat pada Velg Motor dengan Cepat

Kegunaan motor sangatlah variatif bagi penggunanya, mulai dari sarana transportasi sampai dengan mendukung gaya hidup dan penampilan. Dengan kegunaan tersebut, tentunya anda menginginkan keadaan motor yang tetap bagus dan bersih ketika dilihat orang lain demi menunjang gaya hidup yang baik.

Karena motor terbuat dari bahan besi yang bisa menimbulkan karat, sehingga bukan hal yang asing lagi jika motor anda mebgalami karat, terutama pada velg motornya. Karat yang terjadi pada velg motor berawal dari kondisi besi yang teroksidasi oleh udara luar yang membutuhkan proses yang lama dan bisa dipercepat dengan adanya air. Dengan velg motor yang berkarat, tentunya penampilan kendaraan anda pun menjadi terganggu efektifitasnya. Oleh karena itu, ada 4 cara jitu menghilangkan karat pada velg motor dengan cepat yakni berikut ini!

  1. Menggunakan air soda

Tips pertama untuk untuk menghilangkan karat pada velg motor adalah menggunakan air soda. Hal ini karena air soda memiliki kandungan tingkat leasaman yang tinggi sehingga dapat membersihkan kotoran dengan cara menggosokkan air soda pada bagian yang berkarat. Saat proses penggosokan, gunakan kain lap bersih dan halus untuk dilakukan berulang-ulang. Ketika sudah selesai menggosokkan dengan air soda, pada bagian yang sudah digosokkan disiram dan dibilas dengan air bersih menggunakan sabun. Untuk hasil lebih maksimal, air dicampur air soda terlebih dahulu dan tunggu beberapa saat sebelum menggosokkannya.

  1. Menggunakan batu hijau

Batu hijau atau watu ijo merupakan salah satu cara yang bisa menghilangkan karat pada velg motor dengan proses yang cepat. Watu ijo ini merupakan jenis bebatuan lunak yang bisa menghilangkan karat pada besi. Untuk prosesnya, iris watu ijo kecil-kecil lalu campur dengan braso. Kemudian pada bagian velg yang berkarat digosokkan menggunakan lap bersih dan watu ijo yang sudah diiris. Minyak braso digunakan untuk membuat proses gosoknya menjadi lebih mudah dan cepat.

  1. Menggunakan Tanah liat

Cara jitu yang ketiga adalah menggunakan tanah liat. Karena tekstur yang sangat lempek, sehingga tanah liat mampu menyerap kotoran dengan cepat. Bahkan, tidak hanya velg saja, jeruji besi pun bisa dihilangkan karatnya menggunakan tanah liat ini yang dibantu dengan lap bersih hanya dengan menggosoknya pada bagian berkarat. Setelah selesai, basuhlah velg motor dengan air bersih agar sisa dari tanah liat dan kotorannya terangkat secara menyeluruh.

  1. Menggunakan produk anti karat

Cara yang terakhir adalah menggunakan produkanti karat. Cairan anti karat bisa anda temukan di pasaran, bahkan harganya sangat terjangkau. Namun, jangan sampai anda salah pilih, sebaiknya pilihlah anti karat yang memiliki kualitas yang baik. Meskipun harga cairan anti karat yang berkualitas bagus ini sangatlah mahal dibanding dengan anti karat biasa, tetapi anti karat ini mampu dan terbukti ampuh dalam menghilangkan karat pada velg motornya. lebih baik pilih yang anti karat dengan harga yang mahal, ketimbang yang murah jika tidak cocok maka karatnya bukan berkurang malah bertambah.

Oke, itulah cara cepat dan mudah dalam menghilangkan karat pada velg motor yang bisa anda gunakan. Oleh karena itu, anda bisa memilih dari keempat tips diatas ya, kiranya mana yang cocok dan sesuai yang anda mau. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda!

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Suka

     (0%)
  • Lucu

     (0%)
  • Terinspirasi

     (0%)
  • Bangga

     (0%)
  • Terkejut

     (0%)
  • Sedih

     (0%)
  • Takut

     (0%)
  • Marah

     (0%)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here