4 Hal Super Lengkap dan Paling Sering Dilakukan Pebisnis Professional Untuk Dapat Memperluas Bidang Usaha Bengkel

0
 

Memperluas Bidang Usaha Bengkel

img src: http://www.otomania.com

Setiap bisnis yang masih baru pasti memiliki keinginan untuk tumbuh dan menjadi besar.

Misalnya bisnis yang mulanya hanya menjual komponen kendaraan, sekarang bisa ekspansi dengan menjual spareparts, jasa service kendaraan, dan salon mobil atau motor.

Kuncinya ekspansi tentu saja ada pada peningkatan profit bengkel.

Oleh karena itu, Anda memerlukan proses dan perjuangan keras untuk dapat meraih kesuksesan dalam berekspansi.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang paling sering dilakukan oleh para pebisnis professional yang terbukti meningkatkan profit dan berhasil dalam memperluas bidang usahanya.

Simak ulasannya yang kami sajikan super lengkap untuk Anda:

  1. Anda sebagai pemilik bengkel harus dapat melakukan promosi secara rutin, efektif, dan tentunya dapat diukur.

Promosi dapat Anda lakukan dengan berbagai cara. Mulai dari promosi off-line hingga online.

Beragam promo menarik yang ditawarkan setiap bulan seperti service rutin dengan diskon 10% untuk member yang sudah lebih dari 5 kali service.

Atau Anda juga bisa memberikan angket kepada setiap pelanggan yang datang ke bengkel dan memberikan souvenir atas kesediaannya mengisi angket.

Angket ini berisikan hal-hal yang penting mengenai darimana mereka mengetahui bengkel milik Anda, apa yang diharapkan para pelanggan dari bengkel Anda, dan lain sebagainya.

  1. Memperluas target pelanggan Anda dengan bekerjasama dengan pihak ketiga.

Selama ini Anda pasti mengenal siapa saja para pelanggan yang datang ke bengkel. Apakah itu dari kalangan pekerja kantoran? Ibu rumah tangga?

Jika segmennya masih terbatas pada itu-itu saja, Anda harus kreatif dalam memperluas target pelanggan.

Contohnya, segmen anak muda dan mahasiswa yang selama ini belum tersentuh, harus mulai mendapatkan perhatian.

Buat kerjasama dengan restoran dekat bengkel Anda dalam bentuk voucher makan jika mahasiswa menggunakan jasa layanan service di bengkel milik Anda.

Atau jika selama ini rata-rata yang service di bengkel adalah para pria. Bagaimana untuk merengkuh kaum wanita?

Manfaatkan momen tertentu untuk memberikan penawaran spesial. Contohnya ketika Hari Kartini atau Hari Ibu. Bagi para wanita yang melakukan service atau cuci kendaraan akan mendapatkan potongan sebesar 30% di bengkel milik Anda.

Jangan lupa hitung dan kalkulasikan seberapa besar pengaruh strategi ini terhadap perkembangan bengkel ke depannya. Catat semua perubahan, baik pertambahan jumlah pelanggan yang datang, maupun pertambahan dari segi keuntungan.

memperluas bidang usaha

img src: www.oto.co.id

3.Membuat paket produk untuk menarik pelanggan agar menggunakan jasa lebih banyak.

Jika Anda menginginkan ekspansi bengkel, maka Anda harus merancang bundling atau paket produk. Paket produk ini dibuat berdasarkan perhitungan terlebih dahulu, apakah nanti akan menguntungkan atau malah membuat rugi.

Berikanlah berbagai macam paket produk yang menarik dengan beragam pilihan. Yang jelas, harga yang ditawarkan secara paket harus lebih rendah daripada harga yang biasanya ditawarkan secara satuan.

Dengan adanya penawaran produk ini, diharapkan pelanggan akan semakin puas dan nyaman dalam menggunakan jasa bengkel milik Anda karena banyaknya varian produk yang ditawarkan.

4.Memodifikasi dan diversifikasi produk untuk mengembangkan potensi bisnis.

Perluasan bidang usaha bengkel tidak terlepas dari adanya inovasi produk atau layanan yang ditawarkan.

Ibaratnya, daripada terlalu sulit untuk membuat produk baru, lebih baik Anda memodifikasi produk yang sudah ada sehingga lebih menarik dan menawarkan daya guna yang lebih.

Contonya saja, Anda sebagai pemain lama di dunia bengkel pasti paham siapa saja pemain di industri ini. Dari sini Anda dapat menganalisa apa saja keunggulan dan kekurangan produk milik mereka.

Dari keunggulan yang dimiliki pemain lain, Anda dapat mengamati, meniru, kemudian melakukan modifikasi sehingga fitur yang bengkel Anda miliki akan lebih baik daripada pesaing.

Akan lebih sempurna lagi jika Anda berhasil menjadikan kekurangan sebagai kelebihan yang tidak dimiliki pemain lain di industri layanan bengkel kendaraan. Ini dapat menjadi sebuah nilai tambah sehingga bengkel Anda akan lebih melekat di hati para konsumen.

Peka terhadap berita dari dunia otomotif serta tren terbaru merupakan sebuah kelebihan tersendiri. Dari adanya tren ini, dapat Anda masukkan ke dalam penawaran produk. Misalnya seperti tren warna cat mobil bulan ini adalah chromatic, maka Anda bisa memberikan promo diskon 30 % untuk mobil yang memiliki cat chromatic. Atau Promo untuk pengecatan Chromatic, dan lain lain sesuai dengan kreatifitas Anda.

Jika para pelanggan sudah mengetahui informasi tentang ini, maka Anda akan lebih mudah menjual produk yang dimiliki.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Suka

     (0%)
  • Lucu

     (0%)
  • Terinspirasi

     (0%)
  • Bangga

     (0%)
  • Terkejut

     (0%)
  • Sedih

     (0%)
  • Takut

     (0%)
  • Marah

     (0%)

Warning: A non-numeric value encountered in /home/profitbi/public_html/melekotomotif.com/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here