13 Prosedur Mengganti Oli Motor yang Benar dan Tepat

0
 

Oli pada motor merupakan salah satu peran penting yang harus anda perhatikan. Setidaknya, anda harus mengganti oli motor sebulan sekali atau jika dikalkulasikan perjalanan mencapai 1000 – 1500 kilometer. Hal ini bertujuan untuk menjaga efektifitas mesin agar tidak mudah rusak. untuk mengganti oli mesin motor juga sudah tidak harus ke bengkel, anda bisa melakukannya di rumah.

Penting untuk anda tahu, ketika mengganti oli mesin sebaiknya pada saat mesin motor masih panas. Hal ini dikarenakan oli dalam keadaan encer sehingga mudah mengalir keluar membawa kotoran di dalam mesinnya. Namun, sebelum anda mengganti oli mesin, anda harus memahami dulu langkah dan prosedurnya supaya tidak salah dalam memasukkan oli mesinnya.

Adapun cara atau prosedur mengganti oli mesin pada motor menurut Marsudi di dalam bukunya “Teknisi Otodidak Sepeda Motor” sebagai berikut!

  1. Sepeda motor distandarkan pada standard samping agar oli dapat keluar sampai habis
  2. Baut pembuang oli yang ada pada bagian bawah mesin dibuka dan keluarkan saringan oli
  3. Oli yang keluar ditampung ke dalam wadah
  4. Baut pengukur yang ada di lubang pengisian dibuka
  5. Injak kick starter berulang-ulang dan pada lubang pengsisian diembuskan pakai kompresor agar sisa oli dapat terbuang habis
  6. Bersihkan saringan oli yang sudah dikeluarkan tadi
  7. Lalu bersihkan rotor saringan oli sebelum mengisi bak mesin menggunakan oli secara berkala
  8. Setelah bersih, pasang kembali saringan oli lalu tutup pembuangan oli dengan baut.
  9. Isi bak mesin dengan oli yang sesuai dengan motor serta dianjurkan
  10. Pasang kembali baut pengukur
  11. Mesin dihidupkan dan biarkan stasioner berpurat selama beberapa menit
  12. Setelah selesai, mesin dimatikan dan standarkan motor pada posisi tegak
  13. Memeriksa dan pastikan tinggi permukaan oli sudah mencapai batas pegisian.

 

Sebagai pemilik kendaraan, tentu anda harus memperhatikan dan merawat kendaraan motor anda jika ingin kendaraan anda awet dan tahan lama. Salah satu merawat kendaraan bermotor adalah dengan mengganti oli secara berkala. Fungsi oli pun sangat penting, yakni sebagai pelumas untuk komponen-komponen mesin agar tidak cepat aus serta sebagai pencegah karat dan pendingin. Selain itu, seperti yang sudah disebutkan pada langkah-langkah diatas bahwa oli juga berfungsi sebagai pembersih kotoran-kotoran yang bersarang pada mesin tersebut.

Oleh karena itu, penting bagi anda mengetahui langkah-langkah mengganti oli mesin kendaraan bermotor agar fungsi mesinnya masih dalam keadaan baik. Sehingga, mencegah yang namanya turun mesin. Tentu anda sebagai pengendra tidak ingin kan kendaraan anda mengalami kerusakan akibat lalai dalam perawata. Jadi, jangan lupa mengganti oli mesin anda secara berkala ya. Toh sekarang anda bisa mengganti oli secara mudah di rumah bukan?

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Suka

     (50%)
  • Lucu

     (0%)
  • Terinspirasi

     (50%)
  • Bangga

     (0%)
  • Terkejut

     (0%)
  • Sedih

     (0%)
  • Takut

     (0%)
  • Marah

     (0%)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here