4 Hal penting Sebelum anda Memodifikasi Motor Retro Klasik!

0
 

Modifikasi motor dengan gaya klasik mulai menjamur dan mewabah. Berbagai aliran modifikasi motor yang mulai muncul seperti Cafe racer, Chooper, Tracjer, Japan/Europe Style sampai Scrambler lagi marak dan menjadi pilihan para pengguna motor yang ingin tampil beda dan lebih unik. bahkan banyak pengguna motor yang tak sayang untuk mengeluarkan sejumlah uang agar motornya bisa sekelas motor klasik yang lagi nge-tren belakangan ini.

Nah, bagi yang lagi mikir ingin memodifikasi motor anda maka ada beberapa hal yang harus anda pikirkan terlebih dahulu. Tujuannya tetap yakni agar hasil yang sesui harapan dan lebih maksimal agar tidak membuat anda menjadi kecewa.

Seperti yang dikatakan oleh Nolavander, pemilik lapak modifikasi Central Classic Motor yaitu Setiap pemilik kendaraan wajib memiliki persiapan yang matang sebelum mengotak-atik motor untuk diubah menjadi motor klasik. Jangan hanya mengikuti tren saja, anda harus benar-benar mempersiapkan segala halnya agar tidak terjadi sesuatu yang anda risaukan. Memodifikasi motor menjadi motor retro klasik adlah modif yang cukup ekstrem, dimana ada beberapa komponen yang dipangkas dan banyak yang diubah, dan yang patut anda pikirkan adalah biayanya yang tidak murah!

Nah, dengan keadaan tersebut maka dari itu ada 4 hal yang harus anda perhatikan sebelum merombak motor anda menjadi motor retro klasik. Simak penjabarannya berikut ini!

  1. Jangan gegabah mencari bahan jika anda tidak punya

Poin pertama ini wajib anda garisbawahi, alih-alih modifikasi untuk terlihat lebih keren dan trendy membuat anda menjadi asal dalam memilih bahan yang dipakai. Kebanyakan pengguna yang tidak memiliki bahan untuk modif maka akan menyasar ke pasar motor bekas. Sangat jarang orang yang membeli motor baru jika tujuannya adalah untuk modifikasi.

Inilah beberapa kesalahan yang sering terjadi. Budaya Indonesia yakni iming-iming harga murah membuat pengguna membeli motor bekas namun tak memperhatikan terlebih dahulu kondisi motornya. Apakah mesin masih dalam keadaan prima. Malu dong sudah dimodifikasi keren-keren ternyata mesin pada motornya bobrok parah.

So, anda jangan sampai buru-buru dalam mengambil sebuah keputusan untuk segera cepat mendapatkan bahan motor modidikasi. Anda harus detail dalam kondisi mesinnya, periksa bodi, coba nyalakan mesinnya dan dijajal terlebih dahulu serta periksa semua kelengkapan surat-suratnya terlebih dahulu. Jangan sampai anda sudah menghabiskan banyak biaya, ternyata ketika di perjalanan motor yang anda modifikasi butuh ‘biaya lebih’ karena kondisi motor yang anda modifikasi itu performanya tidak optimal.

  1. Persiapkan budget khusus

Sudah dikatakan bahwa menyulap kendaraan bergaya retro klasik tidaklah murah, membutuhkan biaya yang cukup besar. Kisaran harga yang harus anda miliki untuk memodifikasi motor anda adalah sekitar Rp 8-15 jutaan.  Seperti yang dilansir dari Central Classis Motor bahwa dengan biaya segitu maka anda sudah dapat paket komplit untuk memodifikasi motor anda menjadi retro klasik.

Mulai dari bagian kaki, seluruh bagian lampu, knalpot, tangki, jok serta komponen lainnya yang mendukung sudah cukup. Namun, harga bukanlah sesuatu yang pasti. Tergantung pengguna motor ingin modifikasi motor yang seperti apa, ingin yang modal minim atau malah ingin merombak habis-habisan motornya menjadi motor klasik yang diinginkan.

  1. Memahami jenis motor yang sesuai untuk dimodifikasi retro klasik

Tidak semua jenis motor dapat dimodifiksi menjadi retro klasik. Sehingga, anda wajib mengerti jenis motor manakah yang bisa anda jadikan bahan untuk dijadikan motor retro klasik. Biasanya, motor yang menjadi sasaran empuk adalah motor sport touring seperti Yamaha Scorpio, Yamaha V-Ixion, Honda Tiger dan Suzuki Thunder.

Bukan berarti motor lain diluar motor sport touring tidak bisa anda jadikan bahan, hanya saja jika motor yang lain akan sulit dimodifikasi karena rangkanya. Dalam modifikasi hal yang harus dilihat adalah rangkanya terlebih dahulu, kalau motor bebek atau matik mau dijadikan ala-ala motor retro klasik akan mengalami kesulitan dalam memodifikasinya, karena rangkanya saja sudah berlawanan. Sudah pasti anda akan sulit memodifikasinya menjadi motor retro klasik impian anda.

  1. Pikirkan Konsep yang matang

Poin terakhir adalah konsep yang perlu anda pikirkan secara baik dan tepat. Modifikasi motor ala retro klasik memiliki banyak konsep yang bisa anda gunakan. Tentu setiap konsep memiliki aliran dan ciri khasnya masing-masing. Maka dari itu, perlunya riset atau penelitian untuk konsep yang cocok sesuai dengan keinginan anda.

Selain itu, perlunya diskusi kepada para modifikator handal yang biasa memodifikasi motornya ini. Biasanya, bengkel motor hanya mengikuti modifikasi sesuai arahan anda. jangan sampai karena konsep yang kurang matang dapat membuat modifikasi motor retro klasik anda tidak sesuai harapan. Setidaknya dengan anda berkonsultasi atau diskusi bersama para expert dalam bidang ini, tentu anda akan mendapatkan pandangan yang berbeda dan saran yang apik dalam modifikasi yang cocok untuk motor anda.

Nah guys, sebelum anda memodifikasi motor anda menjadi motor retro klasik , sudah sepantasnya anda wajib memperhatikan hal-hal yang sudah dijelaskan diatas. supaya ketika anda memodifikasi walaupun mengeluarkan uang yang cukup menguras kantong namun jika hasilnya sesuai harapan anda maka kepuasanlah yang timbul.

So, ingin modifikasi motor anda menjadi motor retro klasik? Jangan lupa perhatikan dulu hal-hal pentingnya ya…!

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Suka

     (0%)
  • Lucu

     (0%)
  • Terinspirasi

     (0%)
  • Bangga

     (0%)
  • Terkejut

     (0%)
  • Sedih

     (0%)
  • Takut

     (0%)
  • Marah

     (0%)

Warning: A non-numeric value encountered in /home/profitbi/public_html/melekotomotif.com/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here