Ingin mengganti ban motor dengan ukuran besar? Perhatikan 4 hal berikut!

0
 

Bagi pengendara motor, daya cengkeram lebih kuat merupakan hal yang diidam-idamkan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan keinginan itu, hal yang sering dilakukan adalah mengganti ban motor dengan ukuran yang lebih besar. Memang benar, mengganti ban motor dengan ukuran yang besar akan membuat daya cengkeram yang lebih kuat. Namun, perlu anda ketahui bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan  sebelum menggantinya sebagai berikut!

  1. Pelek

Hal yang harus anda perhatikan pertama kali sebelum mengganti ban motor ukuran besar adalan lebar pelek. Pelek merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, karena percuma ketika anda mengganti ban motor ukuran besar namu n masih menggunakan pelek standar. Kesalahan pengendara motor adalah malas mengganti pelek ketika mau modifikasi motor dengan ukuran ban yang besar karena menganggap peleknya masih dalam keadaan aman.

Padahal, jika anda ingin hasilnya maksimal maka peleknya pun harus proporsional dengan ukuran ban motornya. Menggunakan ban yang lebih lebar dari pelek akan menyebabkan ban yang terpasang tidak akan menyentuh ke permukaan jalan secara maksimal. Sehingga, daya cakeram pun akan berkurang. Bahayanya lagi, hal ini akan menurungkan tingkat keselamatan dan kenyamanan saat berkendara di jalan.

  1. Selisih ideal

Yang selanjutnya harus anda perhatikan adalah selisih ban dengan lebar pelek. Sebagai contoh, pelek standar dengan lebar 2,75 inci maka ban standar bannya 3 inci. Jadi, ukuran maksimal ban yang bisa dipasang adalah 3,25 inci atau setara dengan 100/90. Secara garis besar, amannya naik dua tingkatlah dari ukuran standar.

  1. Swing Arm

Apabila lebar pelek dan selisih idealnya sudah sesuai, maka hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah lebar swing arm. Agar posisinya tidak mentok, disarankan untuk menggunakan swing arm custom. Jadi, posisinya bisa sesuai dengan ukuran ban itu sendiri.

  1. Rantai

Yang terakhir yang harus anda perhatikan adalah jarak antara bibir terluar ban dengan rantai. Biasanya, pada ban motor skutik akan bersentuhan dengan sokbreker. Hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah jangan sampai ban dengan rantai atau sokbreker bergesekan, karena akan menyebabkan masing-masing komponen menjadi rusak. Tentu anda tidak menginginkan hal itu terjadi, niat memodifikasi malah menjadi masalah terhadap komponen motornya sendiri.

Itulah 4 hal penting yag harus anda perhatikan sebelum mengganti ukuran ban motor anda. Sekarang bagaimana, sudah ada pandangan apa yang harus dilakukan sebelum mengganti ukuran ban motor menjadi lebih besar kan sahabat? Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Suka

     (0%)
  • Lucu

     (0%)
  • Terinspirasi

     (0%)
  • Bangga

     (0%)
  • Terkejut

     (0%)
  • Sedih

     (0%)
  • Takut

     (0%)
  • Marah

     (0%)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here