12 Rahasia Agar AC Mobil Tetap Awet dan Lebih Dingin

0
 

Rahasia Agar AC Mobil Tetap Awet

img src: http://www.cartisan.in

Memiliki mobil yang nyaman adalah dambaan semua orang. Nyaman dari segi fungsi maupun tampilannya akan membuat mobil seakan dapat menjadi rumah kedua. Salah satu hal yang mendukung faktor kenyamanan berkendara adalah AC (Air Conditioner).

AC yang rusak dan suasana yang gerah akan sangat berpengaruh pada mood dan konsentrasi dalam menyetir. Belum lagi jika berkendara jarak jauh tanpa AC, tentu hal ini dapat menjadi masalah tersendiri.

Sayangnya, banyak orang yang belum mengerti benar bagaimana perawatan AC mobil agar tetap awet dan lebih dingin. Di bawah ini akan kami sajikan cara merawat AC agar tetap dingin.

  1. Hindari membuka kaca. Usahakan kaca mobil tetap tertutup ketika AC sedang digunakan. Selain boros energi, AC yang dinyalakan juga akan terbuang sia-sia karena menguap dan bercampur dengan udara di luar.

Rahasia Agar AC Mobil Tetap Awet 2

img src: http://www.otosentrum.com

2. Sebelum menyalakan mesin mobil, sebaiknya matikan AC terlebih dahulu. Jika mesin sudah stabil maka Anda diperbolehkan untuk menghidupkan AC. Sama halnya denganmematikan AC terlebih dulu baru kemudian matikan mesin.

3.Dilarang untuk menurunkan temperatur AC (disetel untuk semakin dingin) ketika kendaraan sedang melaju kencang atau sedang posisi menanjak.

4.Periksa extra fan yang ada di depan kondensor. Cek apakah fan tersebut menyala ketika AC sedang dinyalakan.

5.Perhatikan kebersihan kabin dari debu dan kotoran terutama pada karpet yang letaknya di depan karena rentan terjadi jamur dan menimbulkan bau tidak sedap ketika AC pertama kali dinyalakan.

6.Hilangkan kotoran dan debu yang menempel pada kondensor AC ketika sedang mencuci mobil. Letak kondensor ada berada di dalam kap mesin. Jika debu ini dibiarkan maka dapat mengakibatkan korosi yang menyebabkan kondensor menjadi bocor.

7.Jangan merokok di dalam mobil. Evaporator dapat kotor karena asap dan nikotin yang lengket serta menimbulkan bau yang susah hilang jika sudah bercampur dengan udara AC.

8.Jika ingin parkir, sebisa mungkin pilihlah tempat yang sejuk agar kondisi di dalam mobil tidak terlalu panas.

9.Pelihara tekanan pendingin untuk melakukan pencegahan selang AC mobil yang mengalami pengerasan dan kerusakan. Anda dapat menyalakan AC mobil pada suhu paling dingin selama 20 menit agar temperatur dinginnya tetap stabil.

Rahasia Agar AC Mobil Tetap Awet 3

img src: blog.sharetrans.id

10.Kenyamanan dalam mobil dapat diperoleh dengan adanya aromaterapi atau wewangian. Pilihlah yang khusus digunakan untuk AC mobil karena bahan kimianya sudah disesuaikan untuk penggunaan di dalam mobil.

11.Menjaga keawetan AC dengan cara tidak menggunakannya dalam jangka waktu yang lama adalah prinsip yang salah besar. Barang elektronik apa pun jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama justru akan mengalami rewel dan tidak dapat berfungsi secara optimal. Justru AC yang tidak pernah dipakai dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan AC menjadi rusak karena selang dan belt AC akan cepat kering.

12.Buka jendela setelah mesin mobil dihidupkan. Ketika menyalakan mesin mobil, jangan langsung menyalakan AC. Karena ketika mobil terparkir, maka keadaan di dalam mobil menjadi pengap. Saran terbaik adalah, ketika menyalakan mobil, maka bukalah kaca jendela agar pertukaran udara dapat terjadi di dalam mobil. Jika dirasa udara pengap di dalam mobil sudah hilang, baru Anda bisa menutup jendela dan mulai menyalakan AC.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Suka

     (75%)
  • Lucu

     (0%)
  • Terinspirasi

     (25%)
  • Bangga

     (0%)
  • Terkejut

     (0%)
  • Sedih

     (0%)
  • Takut

     (0%)
  • Marah

     (0%)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here