Mau Motor Matic Tetap Awet, Rawatlah Dengan 6 Cara Ini !

0
 

http://otomotifmotormatic.blogspot.co.id

Bagi Anda yang punya motor matic maka akan sangat menyenangkan untuk digunakan sehari-hari. Namun sama seperti motor-motor lainnya, motor matic juga perlu mendapatkan perawatan dan pemeliharaan. Apalagi bila melihat teknologi injeksi yang muncul pada sebagian besar motor matic, maka pemeliharaan pada motor matic haruslah dilakukan secara ekstra dari motor biasa dengan sistem karburator. Dengan pemeliharaan yang tepat dan rutin maka motor matic Anda akan jadi lebih awet dan tahan lama. Lalu bagaimana cara perawatan dan pemeliharaan motor matic yang tepat? Berikut ulasannya.

  1. Panaskan Motor Sebelum Digunakan

Cara perawatan pertama pada motor matic adalah dengan memanaskan motor setiap harinya. Kegiatan memanaskan motor terutama pada pagi hari memang sangat diperlukan agar oli bisa langsung melumasi mesin. Dengan hal ini maka Anda akan bisa membuat mesin tetap bekerja optimal dengan dukungan oli yang melumasinya. Ketika Anda rutin melakukan pemanasan motor antara 5 hingga 10 menit setiap harinya maka akan membuat mesin dan motor matic-mu jadi awet dan tahan lama. Jangan lupa juga untuk melakukan tarik gas saat proses pemanasan mesin ini agar oli panas dan melumasi mesin.

  1. Gantilah Oli Secara Rutin

Hal yang juga sangat penting dilakukan dalam perawatan motor matic adalah ganti oli, baik itu oli mesin dan oli gardan. Cobalah untuk melakukan hal ini secara rutin. Jangan sampai motor matic Anda kekurangan oli hingga membuat motor jadi ngadat dan rusak. Pastikan catat kilometer perjalanan motor matic Anda dalam sebulan. Bila telah mencapai 1000 km perjalanan maka Anda memang diharuskan mengganti oli mesin. Sementara untuk penggantian oli gardan atau oli transmisi bisa Anda lakukan ketika perjalanan motor matic telah mencapai 5000 km.

  1. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas dan Jangan Sampai Kehabisan Bensin

Agar motor matic Anda awet usahakan untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan 90 atau 90 ke atas. Bahan bakar dengan oktan 90 atau 90 ke atas ini bisa kita jumpai dalam pertalite, pertamax atau pertamax plus. Dengan beberapa jenis bahan bakar tersebut akan membuat mesin bebas residu yang bisa mengganggu kinerjanya. Motor matic Anda juga usahakan jangan sampai kehabisan bahan bakar. Sebab bila Anda sering mengalami kehabisan bahan bakar maka mesin motor matic pun akan bisa cepat rusak.

  1. Membuat Stabil Kecepatan Gas

Cara perawatan motor matic berikut ini bisa diterapkan ketika dalam perjalanan yaitu dengan membuat stabil kecepatan gas. Maksudnya membuat stabil kecepatan gas adalah membuat kecepatan motor yang tidak mendadak cepat atau lambat. Jadi bila Anda sedang menggeber kecepatan usahakan untuk menurunkan kecepatan secara perlahan dan tidak mendadak. Begitu pula ketika Anda sedang dalam kecepatan rendah jangan lakukan menggeber gas kecepatan tinggi secara tiba-tiba. Ketika Anda membuat kecepatan motor tidak stabil, hal ini akan membuat umur mesin jadi turun. Selain itu dengan tindakan tersebut juga akan membuat Van Belt motor rusak.

Baca Juga : Ketika Mesin Motor Loyo, Kenali Penyebabnya dan Cepat Tangani

  1. Pada Waktunya Ganti Vant Belt dan Roler

Vant Belt yang merupakan rantai karet pada motor matic ini memang perlu juga untuk dilakukan perawatan dan pemeliharaan. Sementara itu roller atau pemutar Van Belt seperti layaknya gear juga tak ketinggalan perlu dirawat. Umumnya Van Belt iniĀ  perlu diganti ketika sudah berusia 3 tahun guna meminimalisir Vant Belt putus. Atau Anda juga bisa menandai perlu digantinya Van Belt dan Roller ini saat motor matic sudah kehilangan tarikan dan muncul getaran. Jangan lupa juga untuk mengganti dengan Van Belt dan Roller yang orisinil.

  1. Jangan Lupakan Juga Keadaan Busi dan Accu

Terakhir, perawatan motor matic yang perlu dilakukan adalah pada bagian busi dan accu. Bagian yang merupakan pengapian dan kelistrikan ini memang sangat penting untuk diperhatikan. Dengan accu atau busi yang sudah soak, Anda akan mengalami hambatan ketika akan menyalakan motor. Accu yang sudah tidak bertenaga ini juga bisa mengakibatkan cahaya lampu jadi berkurang. Untuk busi disarankan untuk diganti ketika motor matic sudah menempuh jarak sekitar 8.000 kilometer. Sementara itu accu perlu diganti ketika motor telah menempuh 20.000 km.

 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Suka

     (0%)
  • Lucu

     (0%)
  • Terinspirasi

     (100%)
  • Bangga

     (0%)
  • Terkejut

     (0%)
  • Sedih

     (0%)
  • Takut

     (0%)
  • Marah

     (0%)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here