Sudah Tahu Jenis-jenis Aliran Modifikasi Motor? Ini Dia 7 jenis Aliran Modifikasi Motor

0
 

Bagi para pecinta motor yang benar-benar ingin tampil beda, maka mereka biasanya akan melakukan modifikasi pada motornya. Dengan tampilan yang berbeda dari modifikasi yang ada maka memang akan membuat mereka tampil lebih percaya diri dengan motornya. Modifikasi motor sendiri sudah muncul sejak lama. Maka dari itu kemudian kita akan mendapati beberapa jenis aliran modifikasi motor. Nah berikut ini beberapa jenis aliran motor yang pernah muncul dan diterapkan oleh para pecinta modifikasi motor.

  1. Bobber

modifikasi motor 1

http://kickstart.bikeexif.com

Aliran modifikasi motor pertama bernama bobber. Modifikasi yang satu ini mirip dengan modifikasi chopper yang memotong beberapa bagian. Bedanya pada modifikasi bobber sasis atau rangka bodi motor dipertahankan standar. Karakter lain dari aliran modifikasi bobber adalah adanya ban depan atau ban belakang yang terlihat gendut.

2.Chopper

modifikasi motor2

sumber:wikimedia.org

Aliran modifikasi ini muncul setelah bobber. Seperti dijelaskan sebelumnya, aliran modifikasi ini punya kemiripan dengan bobber yang memotong beberapa bagian motor. Namun jika bobber mempertahankan sasis, pada chopper rangka motor ini didesain lagi untuk menyesuaikan dengan panjang serta kemiringan fork/garpu depan yang memang disetting panjang. Ciri lain dari aliran modifikasi chopper adalah bentuk setang yang tinggi dan juga adanya lingkar ban depan yang cenderung lebih besar dibanding belakang.

3.Japs Style

modifikasi motor 3

http://modifjapstyle.blogspot.co.id

Berikutnya, aliran modifikasi motor adalah japs style. Pada aliran modifikasi ini bisa terlihat dari adanya tangki bensin yang diubah dengan ukuran yang kecil. Selain itu modifikasi ini juga memperlihatkan rangka belakang yang dipangkas habis. Pada bagian jok atau alas duduk juga disetting lebih tipis dengan stang semi hanger dan lampu bagian depan atau belakang yang mungil. Jarak antara ban depan dan belakang pada modifikasi ini sendiri dibuat jadi lebih panjang dari rangka. Sementara itu ban yang digunakan adalah yang gendut dan lebar.

4.Café Racer

modifikasi motor 4

http://www.returnofthecaferacers.com

Modifikasi yang satu ini mengusung model gaya balap tempoe doeloe. Secara umum aliran modifikasi cafe racer ini yaitu penggunaan setang jepit yang membuat badan pengemudinya lebih menunduk saat melaju. Ciri lainnya adalah penampakan tanki motor yang dibuat memanjang dan ramping. Sementara itu pada bagian jok dibuat sangat rendah dan buntut melengkung ke belakang dan ke atas seperti buntut tawon. Aliran modifikasi cafe racer sendiri terbagi menjadi 2 yakni yang menggunakan fairing dan tanpa fairing.

Baca juga  : Gemar dengan Motor Kesayangan? Kenapa Tidak Gabung Komunitas Motor Saja, Berikut Daftarnya

5.Scrambler

modifikasi motor 5

http://kickstart.bikeexif.com

Pada modifikasi aliran scrambler kita akan mendapati beberapa hal seperti penempatan knalpot di samping motor. Selain itu untuk ban sendiri dipakai ban dengan motif kotak kotak atau bahkan trail. Aliran yang mirip dengan bratstyle ini sendiri memiliki roh untuk semi off road dan juga untuk pendakian gunung.

6.Bratstyle

modifikasi motor 6

http://www.bratstyle.com

Selanjutnya, aliran modifikasi adalah bratstyle. Aliran yang mengambil nama workshop modifikasi di Saitama, Jepang ini punya ciri ban besar dan tinggi dengan kembangan klasik, tangki chopper style dan juga warna yang cenderung flat serta gelap.

7.Sinners dan Socal (South California)

modifikasi motor 7

http://hippykillersgarage.blogspot.co.id

Terakhir, aliran modifikasi motor adalah sinners dan socal (south california). Jika Bratsyle mengambil nama tempat workshop modifikasi di Jepang, maka sinners dan socal ini mengambil nama komunitas motor di beberapa negara bagian di Amerika. Modifikasi motor ala sinners dan socal ini nampak pada penambahan setang t-bar / z-bar / u-bar yang tidak lebar dengan style copper. Sementara itu khusus modifikasi socal punya ciri khas yang lebih spesifik dari sinners yaitu tampilan yang lebih klasik dan penggunaan ban kecil.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Suka

     (0%)
  • Lucu

     (0%)
  • Terinspirasi

     (33%)
  • Bangga

     (0%)
  • Terkejut

     (0%)
  • Sedih

     (0%)
  • Takut

     (0%)
  • Marah

     (67%)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here