Tips Jitu Sebelum Modifikasi: Menyulap Tunggangan Sesuai Keinginan

0
 

Tips Jitu Sebelum Modifikasi

img src: http://otomotifstyle.com

Apakah Anda merasa bosan dengan penampilan mobil di rumah saat ini?

Ketika menyetir di jalan, banyak sekali mobil lain yang mirip. Serasa tidak ada istimewanya.

Tentu saja karena produksi mobil merupakan mass product atau produk massal. Namun jangan kecewa dulu. Melalui otak-atik otomotif, kita dapat menyulap tunggangan sesuai dengan keinginan, atau yang biasa disebut dengan modifikasi.

Ada berapa macam jenis modifikasi?

Modifikasi dapat dilakukan dari segi mengubah penampilan atau meningkatkan performa.

Sejarah modifikasi sendiri konon mulai muncul pada tahun 1960-an. Ketika itu, peralatan elektronik, mesin, dan teknologi mengalami kemajuan pesat dengan banyaknya orang memiliki televisi dan masifnya media massa.

Kemudian pada tahun 90-an, modifikasi mulai umum dilakukan di negara barat. Lambat laun, bentuk kendaraan mobil semakin modern dengan desain yang dulunya kuno menjadi lebih modern dan futuristik.

Sebagai contoh, pada tahun 70-an, Toyota Corolla didesain cembung dengan bentuknya yang lonjong. Dekade selanjutnya, lahirlah Corolla DX dengan tampilan sporty. Hingga akhirnya muncullah Corolla Twin Cam dan The Great Corolla yang mengusung sisi elegan namun tetap sporty.

Ketika itu, produsen mobil asal Jepang, Nissan, meluncurkan seri Skyline di Amerika dan Eropa. Penampakannya yang catchy, sporty, dan memiliki performa mesin seperti mobil balap menjadikannya idola di mata kaum pecinta otomotif.

Kesimpulannya, modifikasi adalah untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya, baik itu dari segi penampilan, maupun performa.

Nah, supaya Anda dapat modifikasi mobil secara maksimal, perhatikan dulu tips di bawah ini agar tidak terjadi overbudget atau hasil yang tidak sesuai dengan harapan.

  1. Anggaran yang Biasanya Kerap Menjadi Persoalan

Tips Jitu Sebelum Modifikasi2

img src: http://accounting-media.blogspot.co.id

Mari membicarakan topik sensitif terlebih dahulu. Seperti kata pepatah, jika Anda gagal merencanakan, sama artinya dengan merencanakan kegagalan.

Merencanakan keuangan untuk modifikasi menghindarkan Anda dari risiko overbudget dan lapar mata. Kalau menuruti keinginan, rasanya mobil ingin dipermak sebagus mungkin tanpa memikirkan biaya yang harus dikeluarkan.

Untuk itulah dibutuhkan komitmen menetapkan batas maksimal anggaran. Jika sekiranya sudah mendekati batas maksimal dana, sudah saatnya Anda untuk menahan diri untuk menambah komponen modifikasi.

Sedikit tips bagi Anda yang masih pemula di dunia modifikasi adalah belajar melakukan modif dari hal yang mudah dan tidak terlalu membutuhkan budget besar.

Mengganti velg dan ban saja sudah sangat memberikan warna berbeda pada mobil Anda, kan?

2.Menentukan Tema: Desain, Komponen, Hingga Permainan Warna

Tips Jitu Sebelum Modifikasi3

img src: http://www.otomotifhot.net

Tema seperti apa yang akan diusung untuk modifikasi? Ada berbagai macam aliran modifikasi diantaranya, classic, retro, elegant, luxury, bahkan off-road. Gaya modifikasi ini bahkan memiliki turunan antara lain aliran Japanese Domestic Market atau yang kerap disingkat JDM, Euro DM, dan DUB Modification Style yang identik dengan glamour serta velg besar dengan full chrome.

Aliran modifikasi yang lain adalah HellaFlush Style yang semakin berkembang di Indonesia. Cenderung kekinian dan digandrungi oleh anak muda. HellaFlush Style ini merupakan adaptasi dari Amerika atau sering disebut USDM.

Gaya modifikasi ini memiliki velg offset layaknya gaya drift. HellaFlush Style juga kerap disamakan dengan modifikasi mobil ceper.

Sebutan HellaFlush sendiri berasal dari celotehan anak-anak Amerika yang kerap berkomentar β€œIt’s hell a flush!” ketika roda mobil menyelup ke dalam spakbor.

Ciri yang sangat kentara pada HellaFlush Style adalah velgnya yang agresif dan keluar dari body. Diameter velg yang lebar dan ruang jarak ban terlihat pas. Jarak ban pada tanah juga harus seminimal mungkin yang artinya semakin ceper semakin keren.

Jika tema sudah ditentukan, Anda lebih mudah untuk memiliki gambaran dari segi desain dan warna serta menentukan komponen apa yang perlu ditambah. Buatlah list komponen yang diperlukan dari modifikasi eksterior maupun interior.

3.Saatnya Survey Harga dan Komparasi

Dari list komponen yang sudah Anda buat sebelumnya, kini saatnya untuk mulai survey harga. Catatlah secara rinci dan teliti harga dari tiap komponen dan dimana Anda perlu membelinya. Hunting sparepart dan komponen di daerah dekat tempat tinggal Anda. Tidak ada salahnya untuk survey harga via online.

Jangan ragu untuk meminta saran pada kawan di komunitas modifikasi atau pecinta otomotif. Bertanya pada orang yang lebih berpengalaman akan sangat membantu Anda.

Bahkan, tak jarang dari mereka sudah memiliki langganan atau toko rekomendasi untuk mendapatkan kualitas modifikasi terbaik.

Setelah terkumpul semua harga yang dibutuhkan, cocokkan dengan anggaran yang ada. Ingatlah untuk tidak melanggar batas maksimal anggaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan jangan lupa untuk menambahkan anggaran pemasangan modifikasi karena Anda akan kesulitan jika memasangnya sendiri.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Suka

     (0%)
  • Lucu

     (0%)
  • Terinspirasi

     (0%)
  • Bangga

     (0%)
  • Terkejut

     (0%)
  • Sedih

     (0%)
  • Takut

     (0%)
  • Marah

     (0%)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here