Binggung Bedakan Mobil MPV, SUV dan APV? Yuk Simak Pembahasannya

0
 

Seiring dengan perkembangan zaman, maka kita kemudian banyak disuguhi beragam jenis mobil. Keadaan ini memang sesuatu yang wajar karena semakin tahun teknologi yang semakin bertumbuh. Perkembangan teknologi yang juga diikuti oleh tingginya permintaan pasar untuk mobil membuat produsen bersemangat untuk menghadirkan varian-varian terbaru dari kendaraan roda empat. Maka dari itu kemudian muncul beberapa jenis mobil seperti MPV, SUV dan APV. Meskipun istilah mobil ini sudah muncul lama, sayangnya belum semua orang paham dengan perbedaan jenis-jenis mobil tersebut. Lalu seperti apa perbedaan antara mobil MPV, SUV dan APV ini? Berikut ulasannya.

  1. Mobil Jenis MPV

car review1

https://id.wikipedia.org

Jenis mobil pertama yang akan kita bahas adalah MPV. MPV sendiri memiliki akronim Multi-Purpuse Vehicle. Dari akronim ini maka kita bisa mengetahui bahwa mobil MPV dibuat dengan peruntukan membawa muatan lebih banyak. Dari dua tujuan peruntukan tersebut mobil ini terbagi lagi menjadi dua macam yaitu MPV penumpang yang punya ciri kursi penumpang di belakang dan juga MPV kargo pembawa barang dengan ciri tanpa ada kursi belakang dan jendela.  Mobil multi-fungsi ini umumnya memiliki wujud atau bentuk mini-bus atau minivan.

Kendaraan yang juga sering disebut mobil keluarga ini punya karakter atau ciri khas yaitu interior yang luas dan jumlah kursi yang banyak. Beberapa mobil MPV yang pernah hadir di Indonesia sendiri adalah Isuzu Panther, Toyota Kijang, Daihatsu Zebra Espass, Suzuki Carry, Mitsubishi Grandis, Nissan Grand Livina, Hyundai Trajet, Honda Oddyssey, Kia Carrens, Honda Steam, Toyota Avanza, Toyota Alpard dan lain sebagainya.

  1. Mobil Jenis SUV

car review 2

http://www.autoblog.com

Mobil jenis kedua yang juga sering kita dengar di pasaran adalah SUV. SUV punya akronim yaitu Sport Utility Vehicle. Mobil SUV yang menonjolkan pada kekuatannya ini diperuntukkan untuk bisa memudahkan perjalanan disegala medan, termasuk menembus medan berat. Mobil yang merupakan kombinasi antara mobil jeep dengan sedan (station wagon) ini juga sering disebut mobil adveture. Karena bukan diperuntukkan mengangkut penumpang dalam jumlah yang banyak maka jumlah kursi duduk pada mobil SUV tidak sebanyak mobil MPV. Mobil SUV kemudian terbagi lagi menjadi beberapa tipe antara lain :

  • SUV Mini

Sesuai namanya, SUV Mini punya ukuran yang ramping dengan kapasitas silinder dan torsi mesin yang kecil serta bahan bakar bensin. Contoh mobil SUV Mini ini adalah Daihatsu Taruna, Suzuki Jimny, Daihatsu Terios dan lain sebagainya.

  • SUV Compact

Untuk SUV Compact (terpadu) merupakan SUV dengan penggunaan di jalan raya dan dengan torsi mesin (CC) sedang yakni 1.8 hingga 2.6. Contoh mobil SUV Compact adalah Honda CR-V, Chevrolet Captiva, Nissan X-Trail, Toyota Rav4, Ford Escape dan lain sebagainya.

  • SUV Sedang

Mobil SUV yang satu ini ukurannya berada di tingkat atau klasifikasi diantara SUV Compact dan SUV Besar. Untuk kapasitas silinder dan torsi mesin adalah antara  2.4 hingga 3.0. Contoh SUV ukuran Sedang adalah Mitsubishi Pajero, Nissan Terrano, Toyota Fortuner, Ford Explorer, Volkswagen Touareg dan lain sebagainya.

  • SUV Besar

Sesuai namanya, SUV Besar punya ukuran baik itu ekterior dan interior yang luas dan lebar. Dengan keadaan ini maka SUV Besar ini akan mampu mengangkut banyak muatan. Tidak hanya besar dalam hal muatan, namun jenis SUV Besar ini juga punya torsi mesin yang juga besar diatas 3.0. Bahan bakar yang digunakan SUV Besar ini pun umumnya adalah solar (diesel). Contoh mobil SUV Besar ini yaitu Hummer, Toyota Land Cruiser, Land Rover Discovery, Nissan Patrol, Nissan Armada dan lain sebagainya.

Baca juga artikel lainnya : Mau Beli Mobil SUV ? Inilah 5 Mobil SUV Terlaris Tahun 2016 Sebagai Referensi Anda

3.Mobil Jenis APV

car review 3

https://www.autoevolution.com

Terakhir, jenis mobil yang juga sering terdengar yaitu APV. APV sendiri memiliki akronim All Pruporse Vehicle. Sebenarnya APV ini merupakan mobil yang punya konsep sama dengan MPV. Bedanya hanya pada merk atau produsen yang memperkenalkannya. APV ini adalah penamaan yang diberikan oleh pabrikan Suzuki yang memang ingin tampil beda dengan lainnya. Selain itu jika dibandingkan dengan MPV, Suzuki APV ini punya perbedaan yakni mesinnya yang berada di kolong mobil bukan di bagian depan (hidung) mobil seperti mobil kebanyakan.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
  • Suka

     (32%)
  • Lucu

     (0%)
  • Terinspirasi

     (40%)
  • Bangga

     (8%)
  • Terkejut

     (8%)
  • Sedih

     (4%)
  • Takut

     (4%)
  • Marah

     (4%)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here